Monday, October 12, 2015

Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja


CONTOH SOAL TEST MASUK PNS DAN PERUSAHAAN

Persiapan menghadapi wawancara kerja. Biasanya kalo kita dapat surat panggilan wawancara dari suatu perusahaan atau instansi maka akan timbul rasa takut yang berlebihan dan dek-dekan. Supaya perasaan nervous itu tidak mengganggu kita dalam wawancara, maka kita perlu memperhatikan dan mempersiapkan diri dengan mantap.

Persiapan yang perlu di perhatikan yaitu;

1. Latihan Memberi Jawaban Singkat dan Tepat, untuk persiapan menghadapi wawancara kerja.

Latihlah diri kita untuk menjawab pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara dengan singkat dan jelas. Contoh pertanyaan yang sering muncul; " ceritakan tentang diri anda !,
"apa kelebihan dan kelemahan anda?, mengapa melamar di perusahaan ini?, bagaimana cara memajukan perusahaan ini? dll

2. Pakaian untuk Wawancara, untuk persiapan menghadapi wawancara kerja.

Persiapkanlah pakaian konvensional resmi. Warna seperti putih, biru muda, cokelat muda. Jangan gunakan pakaian warna mencolok dan mengkilap. Pria menggunakan baju lengan panjang dan berdasi. Wanita menggunakan blazer atau baju atasan dan bawahan dengan desain yang simpel. Bila pakai rok jangan yang ketat. Tas yang proporsional.

3. Latihan Penampilan, untuk persiapan menghadapi wawancara kerja.

Latihan duduk yang tenang, tegak dan tidak tegang. Latihlah penampilan anda didepan cermin suruh teman menvideokan waktu landa latihan.

4. Catatan Daftar Keahlian-untuk menghadapi wawancara kerja.

Catatlah keahlian keahlian keterampilan yang anda miliki terutama dengan pekerjaan yang anda lamar, sehingga waktu wawancara akan cepat menjawab semua tentang keahlian dan keterampilan yang dimiliki. Tidak mikir lagi waktu ditanya.

5. Kenali Perusahaan yang dilamar-untuk menghadapi wawancara kerja.

Ketahuilah seluk beluk perusahaan sebanyak-banyaknya. Informasi tentang perusahaan dapat dilihat, brosur iklan, dan dokumen yang pernah diterbitkan oleh perusahaan.  Melalui website yang pernah di terbitkan perusahaan.

6. Siapkan Dokumen-untuk persiapan menghadapi wawancara kerja.

Siapkan fotocopy ijazah, CV dan traning yang pernah diikuti. Piagam-piagam sebagai bukti prestasi, Ktp. Simpan dalam map yang rapi.

7. Pengetahuan tentang Job Deskription- untuk persiapan menghadapi wawancara kerja.

Kumpulkan informasi tentang tugas dan tanggung jawab posisi jabatan yang dilamar.



Dan yang tak kalah pentingnya adalah doa dan amalan untuk persiapan menghadapi wawancara kerja, yang biasa dianjurkan oleh para Ulama, sbb:

Nasehat Ustadz Yusuf Mansur tentang amalan dan doa untuk permohonan kepada Allah,







Petunjuk tentang doa yang mustajab oleh KH TENGKU ZULKARNAIN,


TAG: Persiapan, melamar, kerja, wawancara kerja, persiapan menghadapi wawancara, menghadapi wawancara, wawancara kerja, persiapan menghadapi wawancara kerja.

No comments:

Post a Comment

SUP SEAFOOD KUAH TOM YAM