Cara Mudah Mulai Usaha Bisnis









CARA MEMILIH DAN MEMULAI USAHA-BISNIS.

INILAH RUMUS PALING MUDAH YANG DI UNGKAP PARA AHLI BISNIS,  CARA  MUDAH   MEMILIH  DAN MENENTUKAN JENIS USAHA-BISNIS  YANG COCOK DAN PROSPEKTIF UNTUK DIJALANKAN.


Apakah anda salah satu dari orang yang punya keinginan untuk buka usaha-bisnis ? Tentu yang paling pertama kita pikirkan adalah usaha-bisnis apa yang cocok buat saya.

Memang hal yang mendasar untuk dilakukan sebelum terlalu jauh melangkah dalam memulai usaha-bisnis adalah, menentukan jenis usaha-bisnis yang cocok dan mampu kita jalani, sehingga bisa anda sukses.














Sebelum memulai usaha- bisnis yang mau anda jalankan, pilihlah usaha-bisnis yang betul-betul didambakan dan diimpikan  selama ini. Yang diyakini bisa membuat jadi kaya, mampu  menghidupi dan mencukupi segala keperluan rumah tangga anda.

Kembali ke persoalan pertama, KALO MAU USAHA BISNIS , APA YA YANG COCOK BUAT SAYA?

Ada banyak pilihan usaha-bisnis yang bisa anda jalankan, tetapi agar usaha-bisnis tersebut berjalan seterusnya dan lancar, serta tidak kehilangan semangat untuk anda jalankan maka ada dasar yang oerlu diperhatikan betul, sebagai panduan buat ANDA YANG MAU MEMILIH DAN MEMULAI USAHA-BISNIS, yaitu :

Pertama adalah memulai dan memilih usaha-bisnis didasarkan pada KEGEMARAN ATAU HOBBI anda. Karena hobbi seseorang akan dijalankan dengan sungguh-sungguh dan yang paling penting anda akan menjalan dengan perasaan senang. Sehingga usaha yang anda jalankan akan ditekuni dan betul -betul di perhatikan tanpa kenal rasa bosan.

Misalnya ada yang hobbi makan, senang mencoba resep, maka orang ini sangat cocok  untuk menjalankan usaha bisnis kuliner/makanan. Banyak orang sukses di bidang kuliner, diantaranya:  Kolonel Sanders yang masak dan mencoba resep-resep makan akhirnya bisa sukses dengan usaha bisnis KFC, Ayam goreng rasa Amerika.

Atau ada yang hobbi atau senang olah raga, maka usaha- bisnis perlengkapan olah raga, biasa jadi ladang usaha-bisnis buat orang ini. Contohnya, Susi Susanti dan Suaminya Alam Budikusuma yang menjalankan usaha bisnis Raket.







Selain berdasarkan hobbi, bisa juga didasarkan pada ILMU ATAU KETERAMPILAN yang kita miliki. Misalnya Seorang guru, bisa buka bimbingan belajar, menulis buku paket, atau jualan alat peraga sekolah. Atau punya keterampilan memperbaiki motor, maka dia cocok membuka usaha bisnis bengkel dan menjual alat perlengkapan motor.


Hal lain yang bisa jadi dasar untuk memilih dan memulai usaha-bisnis adalah, berdasarkan TREN PASAR.

Barang apa yang lagi dibutuhkan saat ini, seperti pakaian sekolah dan perlengkapannya serta alat tulis, buku dll yang banyak dibutuhkan menjelang tahun ajaran baru di sekolah. Usaha rumah makan  berupa cafe,  dll, usaha francise  yang lagi tren sekarang ini.


Satu lagi yang bisa jadi dasar pertimbangan bagi anda kalau mau memilih jenis usaha-bisnis  yaitu, bisnis yang
memiliki MASA DEPAN YANG BAGUS. Seperti di bidang pendidikan berupa bimbingan belajar, kursus-kursus keterampilan. Yang lain yaitu yang berhubungan dengan  kesehatan,  makanan sehat, fitness, SPA, refleksi, akupuntur, alat kesehatan dll.

Dan usaha-bisnis yang prospektik di masa depan adalah IT dengan segala pendukungnya seperti komputer dll.

SELANJUTNYA ADALAH RAHASIA 5 JURUS UTAMA DALAM MEMULAI USAHA-BISNIS YANG BIASA DILAKUKAN PARA PENGUSAHA SUKSES.

1. MENENTUKAN JENIS USAHA BERDASARKAN HOBBI ATAU KETERAMPILAN YANG DIMILIKI.

Tahapan ini adalah yang paling sulit dan menentukan dalam menjalankan usaha-bisnis anda kedepan. Karena itu agar tidak salah pilih lakukan hal berikut.

Persiapkan selembar kertas kosong, kemudian tulislah usaha-bisnis apa yang ada dalam pikiran anda. Terus anda pilih 3 jenis usaha yang menurut pengamatan anda paling banyak pembelinya.

Kemudian tentukan satu pilihan yang paling cocok menurut anda pilih dan jangan lupa berdoa minta petunjuk kepada Allah. Dan Bagi Orang Islam lakukan Sholat Istikhorah.

2.  MELAKUKAN SURVEY BARANG.

Setelah anda menentukan jenis usaha-bisnis yang mau dijalankan, lakukan survey  untuk mendapatkan barang yang mau di bisniskan. Temukan tempat di kota anda, dimana barang tersebut bisa didapat dengan harga murah. Dan jangan lupa cari juga di kota lain melalui internet. Adakan negosiasi perjanjian dengan pemilik barang tersebut untuk menjadi reseller( penjual ) dengan harga yang bisa memberi keuntungan masing-masing.

3.  MEMBUAT  MERK USAHA


Langkah ketiga dalam memulai usaha-bisnis adalah membuat merk usaha atau merk dagang. Ini penting supaya kita punya identitas usaha sendiri dan akan membuat kepercayaan kepada orang-orang.

Sebaiknya dalam memilih merk anda menggunakan 2 suku kata, seperti Honda, tempo, metro, dll. Agar mudah diingat.

4.  MEMBUAT KARTU NAMA DAN BROSUR.

Inilah modal  pokok yang harus anda keluarkan  kalau mau jalankan usaha-bisnis.  Kalo modal yang lain bisa saja tanpa modal . Caranya bisnis tanpa modal, nanti dijelasin disini....

5.  SEKARANG SAATNYA BERAKSI.

Sekaranglah saatnya anda memulai benar-benar usaha-bisnis anda dengan menyebarkan kartu nama dan brosur ke target-terget sasaran pasar/konsumen yang telah anda tentukan. Misalnya menyebarkan ke kantor-kantor, sekolah, rumah sakit, atau ke teman teman yang dirasa membutuhkan barang tersebut.



Baca juga :
PERSIAPAN MELAMAR KERJA

Comments